h1

TAMPAKSIRING BALI (Legenda Tapak Kaki Raja Mayadenawa)

March 16, 2012
TAMPAKSIRING
Tampaksiring terletak di Gianyar Bali, dimana Tampaksiring  bisa ditempuh kira kira 1 jam perjalanan dari kota Denpasar atau 1.5 jam dari daerah Kuta ,dengan luas 42,63 km² Tampaksiring merupakan  pusat pemerintahan kerajaan di Bali pada masa lalu.Di Tampaksiring terdapat Istana presiden, yang dibangun antara tahun  1957-1960 oleh mantan  Presiden pertama RI –Ir Soekarno.
Pura Tampaksiring sendiri dibangun tahun 926 sebelum masehi oleh Dinasti Warmadewa.Pura Tampaksiring memiliki dua tempat mandi. PuraTampakSiring adalah salah satu dari enam pura yang paling penting di Bali.Di pura tampaksiring ini terdapat sumber mata air suci yang sangat disakralkan yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Selama bulan purnama atau upacara keagamaan, Pura TampakSiring banyak dikunjungi oleh umat hindu Bali untuk melakukan persembahyangan

 

Asal nama Tampaksiring berasal dari kata bahasa Bali, yaitu “tampak” dan “siring”, yang berarti telapak dan miring. Konon, menurut legenda nama Tampaksiring itu berasal dari bekas tapak kaki seorang raja yang bernama Mayadenawa. Raja sakti, namun bersifat angkara murka. Dimana Ia menganggap dirinya dewa serta menyuruh rakyatnya menyembahnya. Akibatnya, Batara Indra marah dan mengirimkan bala tentaranya untuk menangkapnya. Mayadenawa pun lari masuk hutan dimana untuk menghilangkan jejak ia berjalan dengan memiringkan telapak kakinya. Dengan begitu ia berharap para pengejarnya tidak mengenali jejak telapak kakinya.
Sebelum tertangkap dengan kesaktiannya ia menciptakan mata air yang beracun yang menyebabkan banyak kematian para pengejarnya setelah mereka minum air dari mata air tersebut sehingga Batara Indra pun kemudian menciptakan mata air tandingan  sebagai penawar air beracun itu yang kemudian bernama “Tirta Empul”artinya air suci  .Sekarang hutan yang dilalui Raja Mayadenawa dengan berjalan sambil memiringkan telapak kakinya itu terkenal dengan nama Tampaksiring.
Tampak Siring sangat populer, karena presiden pertama RI – Soekarno mendirikan Istana Negara dimana lokasinya berdekatan  Pura Tirta Empul. Tampaksiring memiliki beberapa obyek wisata yang sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara maupun lokal, obyek tersebut adalah : Istana Presiden.,Gunung kawi, Pura Tirta Empul dll.
Istana Tampaksiring ini berdiri atas prakarsa Presiden Soekarno. Komplek Istana Tampaksiring terdiri empat gedung utama yaitu Wisma Merdeka seluas 1.200 m2 dan Wisma Yudhistira seluas 2.000 m2 dan Ruang Serbaguna. Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira adalah bangunan yang pertama kali dibangun yaitu pada tahun 1957. Pada 1963 pembangunan selesai yaitu dengan berdirinya Wisma Negara dan Wisma Bima
Menurut riwayatnya, disalah satu sudut kawasan Istana Tampaksiring, menghadap kolam Tirta Empul , dahulu pernah ada bangunan peristirahatan milik Kerajaan Gianyar. Di atas lahan itulah sekarang berdiri Wisma Merdeka , yaitu bagian dari Istana Tampaksiring yang pertama kali dibangun.
Istana Kepresidenan Tampaksiring merupakan satu-satunya istana yang dibangun pada masa pemerintahan Indonesia.Pembangunan semua bangunan selesai pada tahun 1963. Selanjutnya, untuk kepentingan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN XIV, yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 7-8 Oktober 2003, dibangun gedung baru untuk Konferensi beserta fasilitas-fasilitasnya dan merenovasi Balai Wantilan. ,pintu masuk dengan Candi Bentar, Koro Agung, serta Lapangan Parkir berikut Balai Bengongnya.
Tamu Negara yang bertama kali menginap ialah Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand,  bersama permaisurinya, Ratu Sirikit (pada tahun 1957).Menurut catatan, tamu-tamu negara yang pernah berkunjung ke Istana Kepresidenan Tampaksiring, antara lain adalah Presiden Ne Win dari Birma, Presiden Tito dari Yugoslavia, Presiden Ho Chi Minh dari Vietnam, Perdana Menteri Nehru dari India, Perdana Menteri Khruchev dari Uni Soviet, Ratu Juliana dari Negeri Belanda, dan Kaisar Hirihito dari Jepang.
sumber : http://infoseputarbali.blogspot.com/2011/07/dimana-tampaksiring-bali.html
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: