h1

#Experience (Job 1)

March 16, 2012

ini pengalaman kerja gue di salah satu bank asing di tosari..

Memang gue minta temen gue L buat masukin gue ke timnya dengan alasan duitnya buat tambahan pas di Bali. Awalnya gue antusias banget, saking pedenya sampe gue itu ngerasa bakalan bikin supervisornya ‘mati kutu’ saat interview gue.

Hari pertama itu gue langsung interview dan gue emang liat ini supervisor dr tampang udah rada-rada. Setelah beberapa lama dia ngetes gue dengan berbagai pertanyaan yang semuanya bisa gue jawab, maka training lah gue.

Training selama 3 hari itu ngebahas benefit dari produk yang akan kita tawarin by phone, maklumlah TSO atau Tele Sales Officer yang kerjanya tiap hari nawarin kartu kredit dengan credit limit puluhan juta. Sampe saat taken contract, dimana Mbaknya ngejelasin kalo komisi dapet setiap 3 bulan sekali, dan JAMSOSTEK setelah 6 bulan. Gue mikir, kalo di akumulasi emang gede tapi tetep aja benefit buat TSO-nya terbatas banget.

Abis itu, disuruh tandem sama TSO yang udah level 3. Awalnya kagok ya, abisan TSO yang lain selain jago ngeles juga cepet banget. Perhari target telepon customer atau CH (Card Holder) nya itu mencapai 100 prospect (CH yang belum pernah Apply tapi punya referensi kartu kredit dari bank lain) dan 10 player (pemegang kartu kredit jenis platinum). Itu pun belum keitung dapet gaji gede looh, soalnya demi gaji gede pengorbananannya adalah “Data-Calls-Pick Up-Incoming-Approval” baru deh kita dapetin gaji berjuta-juta.

Beberapa hari bergulir, cukup melelahkan dan belom dapet hasil. Setiap CH nolak, pasti gue ajak debat. Kadang ada yang pasrah sama omongan gue tapi ada yang nyerocos mulu ga mau. Sampe-sampe supervisor gue Pak K bilang, “cara nawarin kamu tuh bagus, tapi jangan galak-galak”.

Bahkan atasannya, Pak M suka nanya “kenapa, CHnya kenapa emangnya kok langsung ditutup?” pas ada nenek-nenek yang di telepon ngomel-ngomel ga mau nambah kartu kredit yang alesannya kebanyakan nanti utangnya banyak. Gue tawarin solusi dong “bu, di minimalis aja, nanti tagihannya kita bayarin dulu, pembayarannya kan mudah bu”. Eh dia ngeles lagi katanya ada iuran tahunannya, nanti malah nambah utang. Gini nih rekonstruksinya:

G : Selamat Pagi dengan Ibu N (orang Tionghoa), saya Ifah dari X Bank Jakarta, mau konfirmasi nih bu, Ibu saat ini mendapatkan prioritas untuk penawaran kartu kredit jenis platinumnya nih bu.

C : Dapet nomer saya dari mana Mbak?

G : Ibu saat ini direkomendasikan oleh pemegang kartu kredit jenis platinum dari X Bank yang sudah merasakan benefit yang diberikan oleh X Bank.

C : Siapa?

G : Mohon maaf Ibu, disini beliau tidak berkenan untuk disebutkan namanya.

C : Yaudah, ga usah lah Mbak, saya udah punya semua kok. Makasih.

G : Kenapa kok ga usah Bu, ini kan Ibu sedang di prioritaskan loh. Jarang-jarang dapat tawaran langsung.

C : Udah sering di telpon juga saya.

G : Ya kan berbeda Bu, saat ini kan data Ibu sama saya, biar saya bantu untuk prosesnya nih bu didalam. Jika disetujui untuk kartu platinumnya, limit yang Ibu terima mulai dari 40-300 juta loh Bu.

C : Ga lah Mbak, nanti banyak utang, aku jadi ga bisa bayar. Udah punya 5 saya.

G : Diminimalis aja Bu, biar X Bank bantu untuk pembayarannya dulu, nanti Ibu bisa cicil ke sini. Gimana?

C : Enggak ah, nambah utang itu mah.

G : Enggak lah Bu, pembayarannya kan bisa dicicil 3 bulan 0%, bahkan Ibu bisa ambil tenor 6-12 bulan yang bunganya hanya 0,88% dan 0,99% kok. Di Bank lain biasanya kalo ambil tenor lama bunganya bisa 4% lebih loh Bu…

C : Mbak, udah deh saya kan udah bilang ga mau. Saya ini cuma Ibu Rumah Tangga, kalo kebanyakan kartu kredit nanti ngelunasinnya gimana? emang situ mau bayarin?

G : Bu, kan disini sistemnya berbeda. Ibu coba dulu deh, saya yakin Ibu ga nyesel, disini kan kami menawarkan benefit-benefit yang bank lain tidak tawarkan.

C : Aduh Mbak, harus berapa kali sayabilang sih, saya ga mau.

G : Enggaknya emang kenapa sih Bu? Kan disini dibantu prosesnya, mudah kok pembayarannya.

C : Capek ya saya ngomong sama Mbak, ga ngerti-ngerti. Saya ga mau Mbak!!

G : (dengan kesel) Yaudah deh Ibu, kalo Ibu ga berminat mungkin lain kali aja saya hubungi Ibu, Makasih.

Abis itu gue gondok banget loh, pengen gue garot tuh nci-nci .

Makin lama gue ngerasa ga ada perubahan berarti, mana bokap marah-marah mulu dan nanyain “kapan sih kamu gajian? kalo ga gajian mending keluar aja”, gue ampe gondok tiap hari ditanyaain.

Sampe suatu ketika gue mau masuk (niatnya ambil gaji yg cuma dua lebar ratusan ribu) malah BB gue yang banyak datanya ke jambret orang di jalan. Ya sedih sekali, ngejar copet malah ga masuk kerja.

Finally, BB hilang gajian pun tak terima. Dari situlah mulainya bapak gue bener-bener ngelarang gue buat kerja lagi..

The End

Leave a Reply

