h1

Pura Tirta Empul

March 16, 2012
 
Pura Tirta Empul dan permandiannya terletak di desa Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar ,sekitar 36 km dari kota Denpasar. Tirta Empul bermakna air suci yang menyembur dari dalam tanah.lokasinya tepat di sebelah Istana Presiden di Tampak Siring yang dibangun oleh presiden Soekarno. Pura Tirta Empul terdapat sumber air yang  dijadikan air suci untuk melukat oleh masyarakat dari seluruh pelosok Bali.

Nama Pura Tirta Empul  kemungkinan besar diambil dari nama mata air yang terdapat didalam pura ini yang bernama Tirta Empul seperti yang telah disebutkan diatas. Dimana secara etimologi arti Tirta = air dan Empul = menyembur, sehingga artinya air yang menyembur keluar dari tanah.

Permandian Tirta Empul dibangun pada  pemerintahan Raja Sri Candrabhaya Singha Warmadewa, ini dapat diketahui dari sebuah piagam batu yang terdapat di desa Manukaya yang memuat tulisan yang menyebutkan bahwa permandian Tirta Empul dibangun pada Sasih Kapat tahun Icaka 884, tahun 962 Masehi. sedangkan Pura Tirta Empul dibangun pada zaman pemerintahan Raja Masula Masuli berkuasa dan memerintah di Bali. Pura Tirta Empul merupakan salah satu situs peninggalan sejarah di Bali khususnya Gianyar.

Keberadaan pancuran cetik (racun) dan nama Tirta Empul ada hubungannya dengan mitologi, yaitu peleburan atau perang antara Mayadenawa raja Batu Anyar (Bedulu) dengan bhatara Indra. Konon menurut cerita  ada raja yang bernama Mayadenawa  yang sangat sakti tetapi jahat. Sehingga Bhatara Indra diutus untuk membunuh Mayadenawa. Dalam perang itu Raja Mayadenawa kalah lalu melarikan diri dengan berjalan memiringkan telapak kakinya agar tidak terlacak oleh Bhatara Indra.Dari itulah asal nama sebuah desa Tampak Siring.Didalam pelariannya Raja Mayadenawa meracuni pasukan Bhatara Indra dengan air yang sudah diracuni, Untuk menangkal racun tersebut Bhatara Indra membuat penangkalnya ,yaitu dengan  menancapkan tombaknya ke tanah dan tersemburlah air yang dijadikan penangkal racun Mayadenawa.
Konon sumber air itulah asal muasal kata yang kini disebut Tirta Empul ,dimana kini air Tirta Empul mengalir ke sungai Pakerisan. Pura Tirta Empul sebagai peninggalan kerajaan di Bali, merupakan salah satu dari beberapa situs kuno peninggalan purbakala yang menarik untuk diketahui / dikunjungi.
sumber : http://infoseputarbali.blogspot.com/2011/08/dimana-tirta-empul-sumber-air-suci-bali.html

One comment

  1. nice info .. jgn lupa kunjungan balik ya gan ^^



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: